Solusi dan Cara Mencegah Baterai Hp Android Agar tidak Boros

Salah satu pertanyaan yang sering di pertanyakan oleh pengguna Hp Android Smartphone adalah tentang mengapa baterai Hp android itu sangat boros sekali?, berikut ini saya akan menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara menanggulangi nya atau cara mengatasi masalah tersebut, agar baterai Hp android smartphone kesayangan anda tidak boros, berikut penjelasan dan cara nya.

Hal yang paling banyak memakan kapasitas baterai adalah penggunaan Handset, penggunaan handset yang dilakukan terlalu lama / terus menerus, apalagi anda mengatur volume suara dengan sangat tinggi, adalah penyebab utama habis nya baterai hp anda. Selain itu juga hal atau faktor yang menyebabkan habis nya baterai dengan cepat adalah banyak nya aplikasi yang secara otomatis diam-diam aktif dan menyebabkan baterai itu sendiri menjadi panas.

Solusi Agar Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis.

Aplikasi tidak di perbaharui 
aplikasi yang anda gunakan setiap hari akan menerima Bug report dari ribuan pengguna, tujuan nya adalah untuk memperbaiki aplikasi tersebut dan untuk mengatasi masalah lain yang bisa membuat kinerja atau performa baterai Hp smartphone anda agar tidak boros, Caranya buka aplikasi Google Play Store lalu tab menu, tab My App lalu hilangkan centang perbaharui otomatis pada aplikasi yang yang anda inginkan. 

Gunakan WIFI matikan jaringan SIM card.
Hp android smartphone di gunakan secara aktif tujuan nya adalah agar dapat mengakses Internet dengan cepat, akan sangat jarang sekali anda melakukan SMS atau telepon karena terlalu sering berkomunikasi secara online baik melalui email, facebook, twitter, WA, LINE, dan lain-lain. Maka dari itu matikan jaringan SIM card anda jika anda berada di suatu tempat nongkrong atau anda sedang berada di tempat kerjaan yang memiliki jaringan WIFI. dan Jangan biar kan tablet android anda mencari jaringan WIFI secara otomatis apabila sudah tidak berada di tempat yang sudah tidak ada jaringan WIFI.

Matikan aplikasi yang berjalan di background.
Ada begitu banyak aplikasi yang berjalan di backgroud yang terkadang kita tidak menyadarinya,  untuk itu matikan atau disable aplikasi tersebut yang memang benar-benar tidak anda butuhkan lagi atau sudah tidak anda gunakan lagi. Cara nya adalah ke menu Setting > Apps > Run Service lalu pilihlah aplikasi mana yang tidak anda pikir tidak di perlukan lagi karena akan menyebabkan pemborosan pada baterai android anda.

Display/Screen timeout dan brightness.
Atur waktu tampilan layar android anda, dan jangan terlalu lama misalkan 15 detik. Kemudian ubah tampilan kecerahan layar Hp anda secara manual, jangan di atur sebagai otomatis.

Buang widget di homescreen
Anda tidak pernah tahu bahwa ini juga salah satu penyebab utama yang menyebabkan baterai hp android smartphone anda menjadi boros atau cepat habis, maka buanglah widget yang tidak sering anda gunakan pada homescreen, Cara nya tab pada widget tersebut tahan hingga 2 detik, lalu geser ke arah gambar tong sampah.biasa nya terletak di atas layar homescren hp android.

Atur waktu kunci otomatis
Jika saat ini anda sedang benar-benar menggunakan android untuk 1 jam atau lebih ke depan maka jangan gunakan kunci layar otomatis dengan waktu yang singkat atau sebentar. Dan sebalik nya , jika anda hanya menggunakan hp hanya beberapa menit maka atur lah waktu kunci layar dengan / secara singkat.

Aktifkan Airplane Mode / Mode penerbangan.
Perhatikan pada balok sinyal hp anda, apakah android anda mendapat sinyal dengan stabil atau tidak? dan aktifkan mode tersebut (Mode Penerbangan) jika anda sedang berada di daerah atau berada pada area yang  sinyal yang lemah tujuan nya  agar Hp android smartphone anda tidak memaksakan diri untuk mencari sinyal sehingga banyak mengambil energi baterai.

Pengaturan Sync.
Ini dia yang benar-benar akan membuat baterai Hp android anda menjadi boros. Banyak nya aplikasi Chat, Email dan cloud storage yang di sinkronisasikan secara otomatis. Dari mulai Facebook, BBM, Skype, Whatsapp, Line , atau Dropbox. Belum lagi aplikasi yang mengambil lokasi GPS dari tempat anda berada saat ini. Silahkan atur sync  terhadap aplikasi yang memang anda akif menggunakan nya. Cara nya adalah Tab Setting > Account and Sync lalu centang pengaturan agar tidak otomatis.

Gunakan aplikasi baterai.
Cari pada App store atau Google PlayStore lalu pasang aplikasi yang dapat memonitor lamanya baterai anda akan hidup. Tidak ada aplikasi yang bisa menghemat baterai, semua aplikasi tersebut hanya memonitor dan memberi saran apa yang harus anda lakukan agar baterai bisa hidup lebih lama. Salah satu dari aplikasi favorit saya adalah Easy Battrery Save.

Matikan GPS.
Matikan menggunakan satelite atau GPS karena hal ini juga menyebabkan penggunaan energi baterai yang extra. Smartphone android anda akan di cari oleh satelit. Tentunya setiap hari pergerakan anda atau Hp anda  lakukan akan di catat secara otomatis dengan menggunakan akses internet. Sebaiknya anda melakukan hal ini ketika anda sedang berada di dalam ruangan atau sedang diam di suatu tempat / rumah saja. Takut nya jika Hp anda hilang maka anda tidak akan bisa mencari nya melalui GPS jika di matikan. Caranya adalah Tab Setting > Lokation and Security lalu jangan centang agar tidak aktif.

Berikut Cara Mencegah Baterai Hp Android Agar tidak Boros dan beberapa penyebab nya. Mungkin bisa anda lakukan cara di atas agar baterai  hp android anda bisa lebih panjang waktu nya atau lebih hemat baterai dan tetap bisa di gunakan sehari-hari. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Related Posts

Load comments

Comments